Monday, September 2, 2019

Penyebab motor matic tidak kuat di tanjakan


Pulley secondary sheave motor honda matic
Pulley secondary sheave motor honda matic

Minormoto-Pada kesempatan kali ini minormoto akan berbagi info mengenai apa yang menjadi penyebab motor matic tidak kuat di tanjakan.
Motor jenis matic ini memang tidak di desain untuk jalur yang ekstrim seperti kendaraan lainnya. Tetapi walaupun demikian, bukan berarti motor ini tidak bisa anda gunakan ketika akan melewati jalanan menanjak. Untuk tanjakan-tanjakan dengan tingkat tertentu, tentu saja kendaraan yang satu ini masih mampu untuk melewatinya.

Motor jenis matic biasa jadi andalan di daerah perkotaan yang sering mengalami kemacetan. Tetapi, motor jenis ini  kadang mengalami masalah saat melewati tanjakan, yakni terasa berat atau ngempos.

Baca juga Cara reset ecu sensor tp dan seting altitude pada motor injeksi

Banyak faktor yang menjadi penyebab motor matic tidak kuat di tanjakan. Salah satunya adalah bagian dari komponen cvt, karena motor jenis matic ini menggunakan cvt untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang, pastinya komponen cvt harus dilakukan pengecekan ketika motor tidak kuat di tanjakan.

Komponen cvt yang menjadi penyebab motor matic tidak kuat di tanjakan salah satunya adalah:

Rumah Roller dan Bushing aus.
  • Untuk rumah roller dan bushing sendiri berada di pulley primer bagian depan cvt. Semua motor jenis matic pasti memiliki bushing sebagai jalur untuk rumah roller bergerak menjepit v-belt seiring putaran gas. Bila semakin kencang pulley akan menekan v-belt dan v-belt pun akan naik lebih tinggi, karena kedua komponen ini saling terkait dan terjadi kontak langsung sehingga jika salah satu ada yang rusak maka komponen yang satunya akan ikut rusak. Untuk mendeteksi keausan rumah roller dapat di lihat pada permukaan pulley tempat dimana v-belt di jepit. Tapi, keausan rumah roller bisa juga terjadi pada landasan roller yang mengalami pendalaman akibat tergerus oleh roller. Untuk bushing sendiri ketika mengalami keausan pastinya akan goyang alias oblak dan sudah dipastikan bushing aus dan akan menyebabkan top speed menurun serta timbul suara di bagian pulley depan.
Rumah roller honda beat fi

Seal dan Oring Pulley Secondary bocor.
  • Di bagian pulley belakang terdapat Seal dan Oring yang terbuat dari bahan karet berfungsi sebagai perapat grease agar tidak meluap keluar, karena terbuat dari karet lama kelamaan jika terkena panas terus-menerus akan berubah menjadi kaku sehingga rentan terjadi kebocoran. Jika sudah bocor grease akan merembes keluar ke segala bagian di daerah pulley dan akan menyebabkan selip pada v-belt.
Pulley secondary sheave honda beat fi
Pulley secondary sheave honda beat fi
Baca juga Arti Kedipan Lampu Indikator Pada Motor Injeksi.

Jika memang masalah itu yang terjadi cara mengatasinya bisa tonton video berikut:
👇
Youtube chanel: minormoto
https://youtu.be/-eQhudLRdT4



Sebaiknya lakukan pengecekan satu persatu agar tidak terjadi kesalahan dan lakukan pembersihan rutin pada bagian CVT di setiap km 8000, selain sebagai perawatan juga pengecekan pada komponen yang ada di bagian dalam CVT. Karena bagian CVT harus dalam keadaan bersih dari debu, grease ataupun oli.

Demikian artikel dari minormoto yang bisa saya bagikan mengenai penyebab motor matic tidak kuat di tanjakan. Semoga info ini dapat mengatasi masalah pada kendaraan anda.

No comments:

Jenis filter udara sepeda motor dan cara membersihkannya.

Filter udara yang jarang di bersihkan Minormoto -Jenis filter udara sepeda motor dan cara membersihkannya. Fungsi filter udara pada...